Tuesday, March 29, 2011

Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar SD

Karikaturkuindonesia.blogspot.co.id. Mana yang kamu pilih ketika jam istirahat pertama di sekolah? pergi kekantin dan antri berebut soto atau antri diperpustakaan untuk membaca buku? Jawaban tertinggi pastinya antri dikantin. Tapi tidak untuk tiga sahabat ini, kami sudah mengantongi ketiga identitas siswa tersebut, mereka adalah Ana, Sicum, dan Tia. Mereka bertiga masih duduk dibangku sekolah dasar, mari kita telusuri lebih dekat apa yang mereka baca diperpustakaan.

 Perpustakaan Sekolah
Ana, Sicum, dan Tia adalah murid yang yang rajin, mereka bertiga selalu meluangkan waktu istirahatnya untuk pergi ke perpustakaan, mereka bertiga masih duduk dikelas enam sekolah dasar. Ketiga anak tersebut sama-sama memiliki kegemaran membaca, Ana gemar membaca cerita dongeng, Sicum dan Tia gemar membaca buku pengetahuan.
Berikut ilustrasi dan percakapannya :

Ilustrasi Oleh Sukron

  • Tia : Aku baru tahu kalo bumi ini berputar terus tanpa berhenti.
  • Sicum: Aku sudah lama tau itu Tia, ngomong-ngomong kamu sudah baca buku tentang bulan belum? ceritanya seru lho... oh..iya... Ana...bagaimana cerita lanjutan si kancil, kancil sudah tertangkap pak tani belum?
  • Ana : Belum, masih dikejar-kejar terus.
  • Tia : Kalau dikejar terus kapan kancilnya tertangkap?
  • Ana : Sampai ceritanya selesai baru kancil nya tertangkap, kita sudah sampai di perpustakaan.


Ilustrasi Oleh Sukron

Setelah mengisi daftar hadir, mereka langsung menjelajah perpustakaan untuk mencari buku bacaan yang mereka sukai. Ana dan Sicum sudah mendapatkan buku favorit mereka, Tia masih mencari buku, Tia sibuk mencari buku tentang bulan yang tadi diceritakan Sicum. Setelah semua memperoleh buku yang mereka cari, merekapun membacanya sampai jam istirahat selesai.


Ilustrasi Oleh Sukron

Setelah bel istirahat berbunyi mereka segera bergegas, mereka meminjam buku yang belum selesai dibacanya, mereka harus mencatat buku yang mereka pinjam kepada petugas perpustakaan. Mereka diizinkan meminjam selama dua hari. Jika lebih dari dua hari belum dikembalikan maka ada sanksi kedisiplinan dari pihak perpustakaan. Itulah peraturannya agar kita waspada dan menjadi orang yang bertanggung jawab.

Ilustrasi Oleh Sukron

Mereka sangat senang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, sambil menuju ke kelas mereka bercerita satu sama lain tentang buku yang baru mereka baca.

Apakah kalian juga memiliki hobby yang sama seperti mereka? dengan membaca kita bisa tahu segalanya, tanpa kita sadari pengetahuan kita akan bertambah dan saat ulangan kita bisa dengan mudah menyelesaikan soal yang ada, itulah pentingnya kita membaca. Kepala kita juga ada isi yang berbobot.

Ilustrasi gambar diatas dikerjakan secara manual menggunakan drawingpen, alat yang perlu disiapkan adalah pensil, drawingpen dan penghapus. Jika kamu menginginkan menggunakan penggaris saat membuat gambar bangunan, itupun bisa digunakan. Setelah semua alat dan bahan siap, pertama yang dilakukan adalah membuat sketsa menggunakan pensil. Setelah sketsa selesai, pertebal dengan drawingpen, tahap akhir adalah menghapus hasil sketsa, sehingga gambar tampak menarik seperti contoh diatas. Jika kamu belum siap menggambar, maka kamu bisa mewarnai gambar diatas untuk melatih kemampuan mewarnai. Kelihatannya mewarnai itu hal mudah, banyak orang menyepelekannya namun setelah mereka mencoba ternyata mereka mengakui kalau mewarnai bukan hal mudah. Mewarnai juga butuh belajar, tanpa belajar tentu hasilnya hanya mampu memuaskan diri sendiri dan kurang layak dinikmati orang lain.

Gambar diatas boleh digunakan untuk belajar, namun kami larang jika anda mempublikasikannya dalam bentuk apapun. Gambar diatas adalah karya kami, maka hormatilah apa yang menjadi aturan kami. Aturan dibuat bukan untuk dilanggar tapi agar kalian lebih hati-hati dalam melangkah, dan disiplin dalam segala hal. Terimakasih Salam

Ilustrasi cerita dan gambar :Sukron

Saturday, March 26, 2011

Ilustrasi Kartun Untuk Media Pendidikan SD ( Sekolah Dasar)

KARTUN ANAK SEKOLAH 

Membantu Penyeberang Jalan

Berikut ini adalah gambar kartun anak sekolah yang membantu seorang nenek menyeberangi jalan, berikut adegan beserta percakapannya :

Tampak dari kejauhan seorang nenek ragu-ragu mau menyeberang jalan menuju toko yang letaknya berada diseberang. Kondisi lalu lintas yang cukup ramai membuat nenek tersebut takut melangkahkan kakinya. Kebetulan Tono dan Dodi yang akan berangkat sekolah melihat nenek itu, niat baik mereka seketika muncul untuk menolong nenek tersebut.


 
Ilustrasi Gambar
Oleh Sukron

Tono     : "Hai lihat Do....ada nenek yang mau menyeberang jalan"
Dodi     : "Iya...Ayo kita tolong Ton!"

Ilustrasi Gambar
Oleh Sukron

Kemudian Tono dan Dodi membantu nenek itu tanpa ragu, Tono berada paling depan sambil sesekali tangannya dilambaikan supaya kendaraan yang lewat lebih berhati-hati. Nenek itu berpegangan dipundak Tono sambil melangkahkan kakinya pelan-pelan. Dodi membawakan tas nenek itu sambil menoleh ke berbagai arah supaya lebih aman. Walaupun mereka sedikit was-was karena ramainya kendaraan namun pada akhirnya Tono dan Dodi berhasil membantu nenek itu menyeberangi jalan dan sampailah mereka.



Ilustrasi Gambar
Oleh Sukron


Nenek itu sangat berterimakasih kepada Tono dan Dodi

Nenek    : "Terimakasih nak, sudah membantu nenek. Terimalah uang yang sedikit ini untuk jajan di sekolah."
Tono       : "Terimakasih nek, kami senang menolong Nenek. "
Dodi       : "Iya nek, simpan kembali saja uang nenek."

Nenek sangat senang mendengar ketulusan kedua anak itu, alangkah bahagianya masih ada anak baik seperti mereka berdua. Mereka pun saling menasehati supaya berhati-hati dan jalan dari sebelah kiri.

Percakapan diatas bisa anda ubah dengan gaya bahasa anda, sehingga lebih mudah dipahami anak-anak. anak-anak akan lebih antusias membaca jika gambar yang ada menarik. Anda bisa menambahkan warna pada ilustrasi diatas, atau anda bisa memberikan tugas tambahan kepada siswa untuk mewarnai gambar diatas. belajar membaca, mewarna dan menggambar juga suatu hal penting untuk motorik anak, jadi jangan sampai kita menganak tirikan suatu ilmu karena semua ilmu itu bagaikan saudara dekat.

Demikian contoh ilustrasi untuk cerita bergambar, jika anda berminat silahkan hubungi kami. Menurut yang saya tahu untuk skripsi PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ) yang kebanyakan memakai gambar ilustrasi sebagai medianya, dosen pembimbing membolehkan jika orang lain yang membuatkan medianya, ini pengalaman kami ketika membantu mahasiswa menyelesaikan penelitianya yang menggunakan cerita bergambar sebagai medianya. Terimakasih telah mempercayai kami...

Saturday, March 19, 2011

TRON KARIKATUR

Tron Legacy Karikatur
Oleh Sukron

Mungkin anda sudah tidak asing lagi jika melihat karikatur yang satu ini, benar sekali karikatur ini merupakan salah satu tokoh film dari Disney, pelanggan meminta membuat karakter tokoh film TRON Legacy. Karikatur ini saya buat berdasarkan keinginan pelanggan yang tidak lain teman saya. karikatur diatas merupakan kenangannya bersama pacar ketika menonton film ini di bioskop. Semoga langgeng hubungan kalian, bagi pengunjung blog yang ingin memesan karikatur, silahkan hubungi kami.

Karikatur diatas menceritakan sepasang pahlawan super dari dunia digital. Singkat cerita, pria tersebut mencari kekasihnya yang tiba-tiba menghilang. kejadian aneh pun dialami pria tersebut, tiba-tiba dia merasa ada energi besar yang menariknya. Setelah dia terbangun akibat kejadian tadi, dia tersadar berada ditempat yang berbeda.

Pria tersebut berjalan tanpa arah dan masih bingung dengan apa yang menimpanya, setelah menempuh perjalanan panjang, pria tersebut menemukan sebuah bangunan megah menyerupai markas. Karena merasa penasaran dengan tempat tersebut, pria itupun masuk secara diam-diam, ternyata didalam markas yang dipenuhi pasukan aneh terdapat seorang wanita yang mirip dengan kekasihnya memakai kostum mirip dengan pasukan aneh itu.

Dengan tidak terburu-buru pria itu kembali menyelinap lebih dalam kemarkas itu, didalam markas dia mendapati kekasihnya yang tidak berdaya dibalik jeruji menyerupai tahanan. Kemudian pria tersebut membangunkan kekasihnya dan mereka berjuang bersama-sama menempuh perjalanan yang berbahaya untuk bisa lolos keluar dari dunia digital.

Demikian cerita singkat gambar karikatur diatas, cerita tersebut bukan cerita asli film Tron Legacy. Cerita diatas merupakan karangan yang saya buat sendiri, jika memang ada kesamaan, itu memang saya terinspirasi pada cerita film Tron sesungguhnya yang disutradarai oleh Joseph Konsinski. Karikatur diatas dikerjakan diatas kertas menggunakan spidol dan pensil warna, warna yang di gunakan dominan biru dan hitam.

Terimakasih atas kunjungan anda...

Wednesday, March 16, 2011

Contoh Karikatur Murah

Pesan Karikatur Murah




Karikatur dengan harga murah, ingin tau bagaimana cara pemesanannya?

Berikut ini cara pemesanan karikatur :


  1. Satu kertas berisi satu gambar karikatur
  2. Minimal pemesanan dua karikatur dengan kertas berbeda


Keterangan :


  1. Harga Rp 100.000,00
  2. Ukuran kertas A4
  3. Pesan tiga karikatur gratis satu karikatur
  4. Sudah termasuk ongkos kirim
  5. Kwalitas karikatur tetap diutamakan


Cp.+6285725951336

Monday, March 14, 2011

Keterangan Harga dan Cara Pemesanan


Untuk pelanggan yang terhormat, daftar harga produk dan rincian karikatur Kami untuk wilayah Indonesia, dibagi menjadi dua kelompok:

Kelompok pertama :

1.  Karikatur Biasa- Harga untuk ukuran A4 (20x30 cm) = Rp 110.000.00
- Harga untuk ukuran Kwarto (25X35 cm) = Rp 120.000.00
- Harga untuk ukuran A3 (30x40 cm) = Rp130.000.00
- Setiap tambah satu  kepala ditambah biaya Rp 30.000,00














Karakteristik gambar :
- Karikatur tidak terlalu rumit
- Tidak menerima keluhan yang tidak berarti
- Menggunakan pengawet


kelompok Kedua :

2. karikatur Mewah :

- Harga untuk ukuran A4 (20x30 cm) = Rp 130.000.00
- Harga untuk ukuran Kwarto (25X35 cm) = Rp 150.000.00
- Harga untuk ukuran A3 (30x40 cm) = Rp 170.000.00
- Setiap tambah satu  kepala ditambah biaya Rp 40.000.00















Karakteristik gambar:
- Karikatur dengan desain rumit
- Siap untuk melayani keluhan
- Menggunakan pengawet
- Termasuk lukisan wajah


3.  keuntungan memesan karikatur Kami,


Gambar dibuat dengan menggunakan pewarna-bermerek, warna-warna cerah, disemprot dengan pengawet, hasil mengkilap, tahan air.


4. Cara memesan
silahkan mengisi daftar berikut:


  1. Nama lengkap / cp. / Alamat Lengkap (untuk memudahkan pengiriman barang) =........./........../............. ..
  2. Konsep Karikatur =................
  3. Pilihan kelompok (kelompok 1/kelompok 2) =....................


5. Deskripsi


  Foto yang akan dibuat karikatur harus jelas
Kirim foto Anda ke E-mail sukron20@rocketmail.com 
untuk pemilihan bahasa dapat diterjemahkan melalui gambar bendera kanan atas 
ingin tau cara mendapatkan discount? bisa Cp. +6285725951336




Saturday, March 5, 2011

Gambar Ilustrasi Media Pembelajaran Sekolah Dasar

Di sebuah desa tinggallah keluarga kecil bahagia. Keluarga itu benar-benar bahagia karena mereka dikarunia seorang putri kecil yang patuh dan baik hati. Pak Marno dan Ngatmi merupakan pasangan suami istri yang harmonis, media tidak pernah mencium gosip miring tentang keluarga mereka. Tianti merupakan anak tunggal dikeluarga itu, Tianti masih duduk dikelas tiga SD Negeri Madu Lebah. Tianti dikenal oleh guru dan teman-temannya sebagai murid yang pandai dan baik hati. Banyak teman-teman yang menyukainya, namun ada beberapa yang tidak menyukainya karena Tianti selalu juara kelas. Oleh teman-teman hatters nya Tianti sering dibuli "Tianti di jalan ya... jangan sampai lupa jalan pulang", namun Tianti tidak memperdulikannya selama dia berada di jalan yang benar.

Tim karikaturkuindonesia.blogspot.co.id mencoba menelusuri rumah pak Marno untuk mengetahui kegiatan anaknya yang populer itu. Kami menemukan sebuah rumah yang sangat sederhana disebuah perbatasan desa, Akhirnya kami menemui Pak Marno dan ibu Ngatmi. Kami pun meminta izin untuk memantau kegiatan putrinya selama sehari, tim kami memasang beberapa kamera tersembunyi di rumah pak Marno untuk membuat film dokumenter yang mengangkat kegiatan anaknya.

Berikut hasil rekaman CCTV kami, yang sudah diubah dalam bentuk gambar semoga menjadi inspirasi bagi anak-anak lain.

Hai teman teman.... namaku Tianti, teman-teman memanggilku Tia, aku mau berbagi cerita tentang catatan kegiatanku setiap hari. Hati-hati dan jangan ramai ya... dirumahku banyak kamera tersembunyi heheh....  jika ada kekurangan aku minta maaf ya teman...

Kegiatanku

Bangun Tidur

Setelah bangun tidur aku langsung merapikan tempat tidur, bantal aku rapikan, selimut aku lipat kembali. Aku selalu melakukannya setiap bangun tidur karena itu tugasku. Lampu yang sudah tidak digunakan aku matikan supaya hemat listrik.



 Pamitan ke Ayah dan Bunda

Sebelum sekolah aku sarapan dulu bersama ayah dan bundaku, supaya disekolah aku bersemangat mengikuti pelajaran. Tidak lupa pamitan terlebih dahulu sama ayah bunda minta do'a supaya di permudah dalam belajar. Ayah dan bundaku sangat baik, aku senang mempunyai orangtua seperti mereka.


Menyapu Rumah

Aku pulang sekolah pukul 12.00 siang, setelah pulang sekolah aku ganti baju, sholat kemudian makan siang. Aku membantu ibuku menyapu rumah, kadang agak kesal kalau kucingku membuat kotor karena sisa makanan yang tidak habis... tapi tidak boleh menyakiti binatang ya....


Belajar

Malam harinya aku gunakan untuk belajar, mengulang kembali apa yang disampaikan guru di sekolah tapi jangan terlalu malam ya,... biar besok bisa bangun lebih pagi untuk sholat subuh


Berdoa Sebelum Tidur

Aku selalu berdoa sebelum tidur, agar Tuhan mengirimkan malaikat menjaga tidurku dan tidak diganggu makhluk jahat atau mimpi buruk. Itulah catatan kegiatanku setiap hari, kalau teman-teman sendiri bagaimana? Aku tidak memberitahu catatanku tentang beribadah seperti sholat dan mengaji, kita jangan lupa mengerjakan sholat sama mengaji ya... untuk bekal kita ke syurga kelak ?
Terima kasih... sampai bertemu lagi di kesempatan yang lain

Itulah tadi kegiatan Tianti selama sehari, terimakasih kami ucapkan kepada keluarga bapak Marno, mudah-mudahan selalu diberi kesehatan, dan dilancarkan segala urusannya oleh Alloh SWT. Aamiin...

Gambar ilustrasi ini saya berikan untuk teman kuliah saya, semoga tugas akhirnya cepat kelar, demikian juga saya. Mudah-mudahan hasilnya tidak mengecewakan. Terimakasih atas kepercayaannya, semoga bermanfaat. Seperti yang kita lihat gambar-gambar ilustrasi diatas merupakan gambar yang mengajarkan anak-anak bersikap disiplin, rajin, tidak melupakan sang pencipta dan patuh terhadap orang tua. Sikap seperti itulah yang harus kita tanamkan kepada anak-anak sejak dini. Terimakasih

Karikatur Digital Berpasangan

Gambar Karikatur
Oleh Sukron

Karya karikatur digital yang satu ini sebenarnya sudah lama selesai namun saya baru sempat mempostingnya di blog. Teknik pembuatannya dengan menggunakan software photoshop. Program aplikasi ini memang bukan satu-satunya yang dapat digunakan untuk membuat karikatur digital. Saya memang belum ahli dengan teknik digital, saya lebih suka melukis karikatur secara manual. Saya lebih condong mengasah ketrampilan tangan karena menurut saya hasil lukisan tangan jauh lebih original dari pada hasil lukisan dengan teknik digital.

Namun saya punya keinginan untuk belajar dan hasil belajar saya seperti gambar karikatur diatas, walaupun guru pribadi saya adalah saya sendiri, namun saya mencoba berkreasi dengan pengetahuan yang saya miliki. Mungkin dengan menggunakan buku panduan anda bisa lebih hebat, atau anda punya guru kusus sendiri pasti hasilnya lebih mantap. Ayo kita mencoba berkreasi, karena berkreasi itu baik.

Friday, March 4, 2011

Pemain Sepak Bola

Penjaga Gawang Andalan
Oleh Sukron

Satu lagi karikatur bertemakan sepak bola, karikatur pesanan dari salah seorang teman dari jejaring sosial. Mengingat tema dari pemesan adalah sepak bola, maka karikatur yang saya buat terlihat pada gambar diatas. Karikatur dengan menggunakan baju pemain dari tim Indonesia, saya lukiskan sebagai penjaga gawang, dia berdiri tegap diatas tanah lapang dengan memegang bola ditangan kanannya. Sedangkan figur kartun disamping kanan dan kiri merupakan figur penghibu. Figur penghibur berupa binatang pengerat seperti tupai supaya karikatur terlihat lebih lucu. Masing-masing figur sedang melakukan aktifitas yang berbeda, satu figure tupai sedang berdiri sebagai pemain gelandang dan dua figur tupai lainnya sedang mengabadikan mereka menggunakan kamera.
 
Apabila anda juga berminat untuk membuat lukisan karikatur bisa menghubungi saya di FB (Facebook) Sukron zaky zaky. Terimakasih.

Karikatur Keluarga Inti

Karikatur Keluarga
Oleh Sukron



Kesibukan Tak Akan Membuat Kami Berbeda Jalan

Denting alunan musik menjadi sebuah hal yang selalu menjadi warna dalam rumah kami. Aku suka mendengar suara dari petikan gitar. Nada yang dihasilkan dari petikan tangan seseorang yang kusayang menjadi sebuah hal candu yang kini telah hampir seperempat abad tak pernah bosan kudengarkan. Begitu pula dengan nada lembut denting piano yang selalu indah dimainkan oleh buah hati kami. Bungsu kami begitu lihai memainkan nada-nada dan memasukkan perasaaan ke dalamnya sehingga membuat siapa pun yang mendengarkan terbawa oleh suasana. Seperti halnya ayahnya yang selalu memainkan gitar yang menghasilkan musik yang mampu bercerita.

Sementara aku sendiri juga memiliki sebuah hal yang kutekuni. Aku suka berlama-lama di dapur. Membuat sebuah eksperimen-eksperimen kecil lewat berbagai resep yang kudapat dari berbagai media. Baik itu dari mulut ke mulut, dari majalah, maupun lewat internet.  Senang rasanya ketika percobaanku berhasil dan aku bisa membawa mereka meninggalkan pekerjaannya dan langsung duduk rapi di meja.

Oh ya, sulung kami adalah orang yang sering terakhir kali bergabung di meja makan. Itu karena dia begitu menggilai hobinya. Game menjadi sebuah hal yang selalu ia mainkan. Kami, maksudnya aku dan suamiku tidak melarang, karena kami percaya setiap hobi yang ditekuni pasti akan menghasilkan seuatu. Kami membolehkannya asalkan dia bisa bertanggung jawab dengan hobinya. Dia tidak boleh melupakan dan menggampangkan hal-hal yang seharusnya dia prioritaskan. Asal dia bisa mengerti mana yang baik dan buruk untuk kehidupannya, kami akan selalu mendukungnya. 

Dan.. dia membuktikannya. Hobinya tidak hanya menjadi sesuatu yang ia mainkan saja atau pun pengisi waktu dikala jenuh, atau malah pelarian terhadap sebuah problem. Tidak. Dia bekerja keras menjadikan hobinya sebagai pekerjaan, ia sering membuat review game, membuat vlog yang berisi dirinya yang sedang asyik memainkan sebuah game, dan banyak usaha lainnya. Aku sangat bangga dengan kegigihannya.

Itu lah sekelumit cerita tentang orang-orang yang kusayang yang berada  satu atap denganku. Kami memang memiliki banyak perbedaan dan kesibukan. Tapi selama ini kami masih bersama-sama dan saling menghargai apa yang kami lakukan dan sukai.


Gambar diatas merupakan contoh dari karikatur keluarga, keluarga diatas merupakan keluarga inti yang terdiri dari, ayah, ibu, dan anak. Pada karikatur ini saya mengambil tema dari kegemaran masing-masing anggota keluarga, seperti terlihat pada contoh karikatur diatas. Sang ayah sedang memetik gitarnya, karena memang gemar bermain gitar, namun tidak perlu memanjat pohon untuk memetik gitar, cukup duduk santai sambil mengawasi keluarganya. Anak laki-lakinya gemar bermain laptop, sedangkan putri kecilnya gemar bermain piano, sang ibu sendiri gemar memasak didapur. Dari semua kegemaran masing-masing individu, saya mencoba menggabungkannya menjadi satu wajah baru dalam bentuk karikatur diatas, media yang saya gunakan untuk menggambar karikatur diatas antara lain :
1. Pensil warna, aquarel dan klasik
2. Spidol dengan ukuran runcing yang berbeda tergantung selera anda
3. Pengawet supaya warna tahan lama
4. Media kertas gambar tentunya

Baiklah selamat berkreasi, semoga anda tertarik dengan karya saya, untuk pemesanan bisa lewat FB(facebook) sukronzaky@gmail.com
Terimakasih