Tuesday, March 29, 2011

Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar SD

Karikaturkuindonesia.blogspot.co.id. Mana yang kamu pilih ketika jam istirahat pertama di sekolah? pergi kekantin dan antri berebut soto atau antri diperpustakaan untuk membaca buku? Jawaban tertinggi pastinya antri dikantin. Tapi tidak untuk tiga sahabat ini, kami sudah mengantongi ketiga identitas siswa tersebut, mereka adalah Ana, Sicum, dan Tia. Mereka bertiga masih duduk dibangku sekolah dasar, mari kita telusuri lebih dekat apa yang mereka baca diperpustakaan.

 Perpustakaan Sekolah
Ana, Sicum, dan Tia adalah murid yang yang rajin, mereka bertiga selalu meluangkan waktu istirahatnya untuk pergi ke perpustakaan, mereka bertiga masih duduk dikelas enam sekolah dasar. Ketiga anak tersebut sama-sama memiliki kegemaran membaca, Ana gemar membaca cerita dongeng, Sicum dan Tia gemar membaca buku pengetahuan.
Berikut ilustrasi dan percakapannya :

Ilustrasi Oleh Sukron

  • Tia : Aku baru tahu kalo bumi ini berputar terus tanpa berhenti.
  • Sicum: Aku sudah lama tau itu Tia, ngomong-ngomong kamu sudah baca buku tentang bulan belum? ceritanya seru lho... oh..iya... Ana...bagaimana cerita lanjutan si kancil, kancil sudah tertangkap pak tani belum?
  • Ana : Belum, masih dikejar-kejar terus.
  • Tia : Kalau dikejar terus kapan kancilnya tertangkap?
  • Ana : Sampai ceritanya selesai baru kancil nya tertangkap, kita sudah sampai di perpustakaan.


Ilustrasi Oleh Sukron

Setelah mengisi daftar hadir, mereka langsung menjelajah perpustakaan untuk mencari buku bacaan yang mereka sukai. Ana dan Sicum sudah mendapatkan buku favorit mereka, Tia masih mencari buku, Tia sibuk mencari buku tentang bulan yang tadi diceritakan Sicum. Setelah semua memperoleh buku yang mereka cari, merekapun membacanya sampai jam istirahat selesai.


Ilustrasi Oleh Sukron

Setelah bel istirahat berbunyi mereka segera bergegas, mereka meminjam buku yang belum selesai dibacanya, mereka harus mencatat buku yang mereka pinjam kepada petugas perpustakaan. Mereka diizinkan meminjam selama dua hari. Jika lebih dari dua hari belum dikembalikan maka ada sanksi kedisiplinan dari pihak perpustakaan. Itulah peraturannya agar kita waspada dan menjadi orang yang bertanggung jawab.

Ilustrasi Oleh Sukron

Mereka sangat senang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, sambil menuju ke kelas mereka bercerita satu sama lain tentang buku yang baru mereka baca.

Apakah kalian juga memiliki hobby yang sama seperti mereka? dengan membaca kita bisa tahu segalanya, tanpa kita sadari pengetahuan kita akan bertambah dan saat ulangan kita bisa dengan mudah menyelesaikan soal yang ada, itulah pentingnya kita membaca. Kepala kita juga ada isi yang berbobot.

Ilustrasi gambar diatas dikerjakan secara manual menggunakan drawingpen, alat yang perlu disiapkan adalah pensil, drawingpen dan penghapus. Jika kamu menginginkan menggunakan penggaris saat membuat gambar bangunan, itupun bisa digunakan. Setelah semua alat dan bahan siap, pertama yang dilakukan adalah membuat sketsa menggunakan pensil. Setelah sketsa selesai, pertebal dengan drawingpen, tahap akhir adalah menghapus hasil sketsa, sehingga gambar tampak menarik seperti contoh diatas. Jika kamu belum siap menggambar, maka kamu bisa mewarnai gambar diatas untuk melatih kemampuan mewarnai. Kelihatannya mewarnai itu hal mudah, banyak orang menyepelekannya namun setelah mereka mencoba ternyata mereka mengakui kalau mewarnai bukan hal mudah. Mewarnai juga butuh belajar, tanpa belajar tentu hasilnya hanya mampu memuaskan diri sendiri dan kurang layak dinikmati orang lain.

Gambar diatas boleh digunakan untuk belajar, namun kami larang jika anda mempublikasikannya dalam bentuk apapun. Gambar diatas adalah karya kami, maka hormatilah apa yang menjadi aturan kami. Aturan dibuat bukan untuk dilanggar tapi agar kalian lebih hati-hati dalam melangkah, dan disiplin dalam segala hal. Terimakasih Salam

Ilustrasi cerita dan gambar :Sukron

No comments:

Post a Comment