Karikatur Bersepeda


Tema Karikatur : Biarpun Naik Sepeda Aku Tetap Cinta
Type: Karikatur Berpasangan
Harga : 100.000-AN
Media : Pensil warna dan Spidol diatas kertas
Ukuran : A3+ (35x45)

Hitam Putih

Antri Dulu Dong
Oleh Sukron

Atri.... Satu kata yang mudah diucapkan oleh semua orang namun sulit dipraktekkan, budaya yang mengajarkan kita sebagai anak manusia akan banyak hal melalui antri. Pengalaman kita mengenai antri tentu bermacam-macam, ada yang sabar menunggu, ada yang gelisah karena waktu, ada yang menyerobot antrian kita, bahkan kita sendiri yang menyerobot antrian orang lain. Hal yang demikian terlihat sepele namun biasanya kita menyepelekannya.

Kita sebagai orang tua berlomba-lomba agar anak kita hebat dalam matematika, fisika, kimia atau pelajaran lain namun kita lupa mengajarkan mereka pada tata tertib. Tidak sedikit orang pintar di bumi ini, tidak sedikit pula lulusan sarjana zaman sekarang, dan tidak sedikit juga sarjana yang menganggur. Namun budaya disiplin seperti mengantri sudah mulai memudar eksistensinya. Banyak sekali pelajaran yang dapat diambil tentang antri.
Kalau dipikir-pikir mengantri itu hal yang sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan, tetapi tidak semua orang mau melakukannya dan ini bisa menjadi masalah besar bagi kita bangsa Indonesia. Padahal, ini sangat bermanfaat untuk kepentingan umum, Hanya kesabaran dan kemauan yang diperlukan.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/meiubm/budaya-antri-sulit-diterapkan-di-indonesia_54f3dc477455137c2b6c81b3
Kalau dipikir-pikir mengantri itu hal yang sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan, tetapi tidak semua orang mau melakukannya dan ini bisa menjadi masalah besar bagi kita bangsa Indonesia. Padahal, ini sangat bermanfaat untuk kepentingan umum, Hanya kesabaran dan kemauan yang diperlukan.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/meiubm/budaya-antri-sulit-diterapkan-di-indonesia_54f3dc477455137c2b6c81b3
Kalau dipikir-pikir mengantri itu hal yang sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan, tetapi tidak semua orang mau melakukannya dan ini bisa menjadi masalah besar bagi kita bangsa Indonesia. Padahal, ini sangat bermanfaat untuk kepentingan umum, Hanya kesabaran dan kemauan yang diperlukan.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/meiubm/budaya-antri-sulit-diterapkan-di-indonesia_54f3dc477455137c2b6c81b3

Berikut pelajaran berharga tentang antri menurut seorang guru di Australia yang tidak pernah disebut namanya.
  1. Belajar  manajemen waktu dimana jika kita ingin berada diantrian paling depan hendaknya datang lebih awal.
  2. Belajar bersabar ketika menunggu gilirannya, jika ia di antrian paling belakang maka harus bersabar;
  3. Belajar menghormati hak orang lain
  4. Belajar berdisiplin dan tidak menyerobot hak orang lain.
  5. Belajar kreatif : mengantri kita dituntut untuk memikirkan kegiatan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebosanan saat mengantri, misal membaca komik
  6. Belajar bersosialisasi bertegur sapa dengan orang yang berada didepan atau belakang kita,tidak
  7. Belajar sabar menjalani proses untuk mencapai tujuannya
  8. Belajar hukum sebab akibat, jika datang terlambat maka konsekuensinya di antrian belakang.
  9. Belajar teratur dan rapi
  10. Belajar memiliki rasa malu, jika ia menyerobot antrian dan hak orang lain.
  11. Belajar bekerjasama.
Ada beberapa poin yang sangat bermanfaat dengan kita belajar tertib seperti diatas. Mungkin kita juga perlu merenung, apakah pintar saja cukup??? seorang yang pintar belum tentu masa depannya cerah atau menjadi orang hebat. Sekarang sekolah sampai perguruan tinggi meraih gelar sarjana bukan hal yang sulit lagi, bukan sesuatu yang mahal. Banyak orang-orang yang curang yang menjadi pesaing kita. Mulai sekarang kita mulai tanamkan budaya antri dari diri kita dan keluarga, dengan antri kita bisa berfikir kreatif, dengan kreatif kita bisa menciptakan sesuatu yang baru. 

Jika belum nasib kita, ijazah itu tidak ada guna hanya menganggur di almari, namun susah mencari kerja, dan hanya menungu dan menunggu yang pada akhirnya jatuh. Bagi orang kreatif  bukan ijazah yang diandalkannya, namun kreatif untuk mencari uang dengan jalannya sendiri yang diiringi dengan doa kepada Allah SWT.

Karikatur Dangdut


 Gambar Tuyem Berjoget

Menceritakan seorang gadis yang hidup di tengah hutan bersama dengan keluarga yang tak lazim, Hewan merupakan keluarga barunya yang menemani sejak kecil. berawal dari sebuah kecelakan yang menimpa keluarga Pak Kimin... Liburan membawanya pada kecelakaan maut yang merenggut nyawa Kimin dan istrinya. Tak disangka angin puting beliung menyeret mobil yang dikendarai Pak Kimin bersama keluarga kedalam hutan yang menyebabkan satu keluarga tewas kecuali bayi mungil bernama Tuyem......

Dua puluh tahun silam, Tuyem... balita mungil yang berhasil selamat dari kecelakaan maut itu kini sudah beranjak dewasa, dia dibesarkan oleh seekor induk gajah jawa yang sangat penyabar dan penyayang. Sejak dua puluh tahun terakhir ketika mobil naas itu hilang kontak, berita kecelakaan tersebut tidak pernah terdengar di berbagai media. Hingga pada akhirnya seorang penulis yang tidak mau disebut siapa dirinya memberitakan bahwa anak dari keluarga Kimin selamat dan hidup bahagia selama-lamanya..... Tuyem tertangkap kamera wartawan sedang berjoget bersama teman-temannya didalam hutan dengan alunan musik dangdut khas Indonesia....Selesai,

Cerita diatas diambil dari cerita Tarzan

Terimakasih

Papa Minta Pulsa


Gambaran fenomena yang hampir setiap hari menimpa kita semua, mengenai pencurian pulsa yang dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab. mama papa minta pulsa,... adek juga

Berbagi “Si Kaya dan Si Miskin”

Sketsa “Si Kaya dan Si Miskin”



“Si Kaya dan Si Miskin”,
 Acrylic on canvas, 160 x 275 cm, 2012
Karya Sukron

Gambar lukisan diatas menggambarkan keadaan dua objek yang sangat kontras, pada objek bagian kiri terlihat seorang pemimpin yang sedang menikmati hidangan mewah, sedangkan di sebelah kanan terlihat sekelompok orang (rakyat kecil) berpakaian kumuh sedang memakan sebungkus nasi secara bersama-sama. Background pejabat digambarkan dengan mobil mewah dan makanan enak. Ekspresi bahagia yang ditunjukan oleh tokoh pemimpin merupakan penggambaran tokoh dalam menyikapi keadaan bergelimang harta, sedangkan background rakyat kecil digambarkan dengan dikelilingi tempat sampah dengan ekspresi wajah yang penuh harap kemurahan hati sang pemimpin. Objek bagian kanan lukisan dibuat lebih banyak agar tercipta keseimbangan, warna-warna yang digunakan dalam lukisan diatas antara lain:  putih, coklat, biru, hitam, abu-abu, dan lain-lain. Warna objek bagian kiri dibuat lebih cerah untuk menonjolkan kesan mewah tokoh pemimpin, sedangkan objek bagian kanan dibuat lebih kusam agar tercipta kesan kumuh. Pusat perhatian tertuju pada tokoh pemimin karena visualisasi tokoh dibuat lebih besar dan warna yang digunakan lebih cerah.
Visualisasi lukisan yang berjudul Si Kaya dan Si Miskin merupakan bentuk ironi dari potret kesenjangan sosial yang terjadi di Indonesia. Pada objek lukisan bagian kiri merupakan penggambaran dari seorang pemimpin yang di dalam konteks gambar ini mewakili orang-orang yang berstatus sosial tinggi, mereka hanya mementingkan urusan perutnya sendiri tanpa memperhatikan nasib rakyat. Sedangkan, objek di sebelah kanan merupakan penggambaran susahnya rakyat kecil dalam mengais rejeki. Nasi bungkus merupakan perumpamaan yang mewakili ungkapan “mencari sesuap nasi”. Rakyat kecil mencari sesuap nasi dengan bersusah payah. Rakyat kecil di sini mewakili orang-orang yang berstatus sosial rendah, yang biasa disebut pekerja kasar, tetapi kerja keras mereka tidak sebanding dengan apa yang mereka terima.

Dermawan " Mencari Dukungan "

Gambar Sketsa " Mencari Dukungan "



Hasil Akhir " Mencari Dukungan "



Dalam gambar lukisan berjudul “Mencari Dukungan” di atas terdapat tiga karakter utama yang dimunculkan sebagai objek lukisan. Ketiga objek tersebut adalah ulama, calon pemimpin dan wartawan yang sedang berada di tengah-tengah perkampungan padat penduduk. Objek ulama mengenakan pakaian serba putih lengkap dengan kopiahnya sedang membawa kotak amal. Objek calon pemimpin mengenakan jas berwarna merah dan tangan kanannya sedang memasukkan sejumlah uang ke dalam kotak amal. Sedangkan, objek wartawan mengenakan pakaian serba hitam berada di antara objek ulama dan calon pemimpin. Pada sudut kiri lukisan terlihat objek kamera salah satu stasiun tv yang digunakan untuk merekam adegan tersebut. Sedangkan, pada bagian kanan terdapat objek mobil berwarna merah yang berada di belakang calon pemimpin.
Objek ulama dan wartawan digambarkan dengan raut wajah bahagia, Hal ini memberikan gambaran bahwa rakyat akan senang jika hidupnya disejahterakan, salah satunya dengan diberi uang. Sedangkan objek calon pemimpin digambarkan dahinya mengenyit sombong. Action tangan kanannya memasukkan sejumlah uang di kotak amal dan tangan kirinya dimasukkan ke dalam saku. Pada bagian latar belakang terdapat spanduk dan bendera warna-warni yang menghiasi pemukiman padat penduduk. Hal tersebut merupakan bentuk penggambaran sebuah suasana menjelang pesta rakyat yang diadakan setiap lima tahun sekali.
Visualisasi pada lukisan menggunakan teknik opaque. Bahan yang digunakan dalam melukis adalah kanvas mentah dan cat akrilik. Lukisan di atas dikerjakan pada waktu siang dan malam hari. Warna yang digunakan adalah warna-warna cerah, dengan proses pewarnaan dilakukan secara bergradasi. Warna yang digunakan dalam lukisan ini antara lain: merah, hitam, putih, abu-abu, hijau, cokelat, biru dan lain-lain. Pusat perhatian atau centre of interest terwujud lewat penekanan tokoh wartawan tv yang berada tepat pada tengah lukisan, yang diapit seimbang oleh tokoh ulama di sebelah kiri dan calon pemimpin di sebelah kanan.

Lukisan yang berjudul “Mencari Dukungan” ini saya ingin menyampaikan bahwa media elektronik menjadi sarana yang penting bagi calon pemimpin untuk berkampanye. Media elektronik menyempurnakan bentuk pencitraan yang selama ini dibangun oleh para calon pemimpin.
 

Eagllion ( gabungan antara elang dan singa )


Hewan ini merupakan vusion antara Elang dan Singa, Ealng adalah makhluk tertangguh di angkasa sedangkan Singa adalah makhluk paling tangguh di darat, keduanya digabung menjadi satu wujud makhluk paling buas yang saya beri nama Eagllion. Hewan ini merupakan pesanan dari salah seorang teman. 

Karikatur Pasangan Pahlawan bertopeng (Batman and Catywoman / The Dark Knight Rises)


Pahlawan kelelawar Kembali beraksi, kini dia hadir dengan pasangan barunya (Catywoman)/ kalau dulu kita sering menyaksikan Batman selalu berdua dengan Robin, namun sekarang dia telah memilih.... pasangan barunya. Inilah karikatur super hero pertama dalam postingan blog karikatur ku Indonesia. Jika Anda juga memiliki Keinginan untuk membuatnya, segera hubungi kami di no. Cp. yang sudah tersedia diatas. Karikatur murah namun berkualitas internasional. Kami memakai warna-warna yang sudah dikenal oleh Dunia, dipadukan dengan finishing yang menjadikan kualitasnya semakin ngejreng.

Gambar dan Bacaan Terhangat