Wednesday, April 27, 2011

Dongeng Si Buta Hijau yang Bodoh

Dongeng diatas merupakan dongeng tentang buta bodoh berwarna hijau yang saya imajinasikan sendiri, ceritanya begini:
Ketika si Buta terbangun dari tidurnya dia merasa ada yang aneh dengan wajahnya, sepertinya ada sesuatu yang kurang, setelah dipikir-pikir dia baru ingat kalau dia itu punya hidung besar diantara kedua matanya. Dia sangat takut kalau-kalau hidungnya sampai hilang ketampanannya-pun jadi berkurang. Untuk itu si Buta langsung mencarinya. Pencarian dimulai dari tempat tidurnya, siapa tahu hidungnya jatuh ke kolong tempat tidur, namun setelah dicari sampai berjam-jam, hidungnya tidak ada. Kemudian ia bergegas mencari di Desa tempat dimana dia hidup dengan nyaman bersama warga desa yang ramah. Satu persatu setiap orang ditanyainya, namun tidak ada seorang pun yang melihatnya. 

Si Buta pun putus asa, dia merasa hidupnya tidak berarti lagi tanpa hidung besar yang menghiasi wajahnya dan pasti akan dijauhi wanita-wanita cantik yang tinggal di desa itu. kemudian dia beristirahat sejenak untuk menenangkan pikiran dan sejenak menarik nafas untuk mengurangi rasa lelahnya. Dia baru ingat telah melewatkan satu rumah di ujung desa, satu-satunya rumah yang menjadi harapannya. 

Setelah ia menanyakan tentang kejadian yang dialaminya kepada pemilik rumah, bukannya hidung atau solusi yang dia dapatkan, melainkan tertawa melengking dari sang pemilik rumah. Dua orang anak dengan hati riang sedang bermain ditempat itu, mereka sedang memberi makan kambing tetangganya dengan jerami. Melihat ada sesuatu yang aneh dengan bokong si Buta, kedua anak kecil itu mendekatinya kemudian menggelitik hidung si Buta dengan jerami. Si Butapun kaget dan bersin-bersin, akhirnya kedua anak itu tanpa sengaja telah menolong si Buta menemukan hidungnya, si Buta sangat berterimakasih kepada kedua anak itu. Dengan kejadian itu si Buta mendapatkan pelajaran yang sangat berharga, dia menjadi berhati-hati dengan apa yang dimilikinya, apalagi hidung itu satu-satunya miliknya yang berharga.


Ilustrator : Sukron
Ide Cerita : Sukron

Terimakasih kepada pengunjung yang telah menyempatkan waktunya berkunjung di blog ini.
Kritik dan saran silahkan ditulis pada kolom koment.

Dilarang mengcopy paste Gambar tanpa izin dari pihak Karikatur Ku Indonesia

Tuesday, April 26, 2011

Kartun Untuk Media Pendidikan

Contoh kartun yang saya tampilkan adalah media pembelajaran untuk bahasa jawa, berikut ini merupakan teks  tembang "Dhandhanggula"



Ilustrator : Sukron

Wednesday, April 20, 2011

Kartun Media Pembelajaran

Cocok digunakan untuk anak-anak Sekolah Dasar ( SD ) yang mengalami kesulitan membaca
ataupun Siswa-siswi SLB 


Ilustrasi Oleh Sukron
Lia berangkat sekolah
 Lia selalu berangkat bersama teman-temannya.
Lia selalu berjalan kaki bersama teman-temannya.
mereka selalu berjalan disebelah kiri jalan.


Ilustrasi Oleh Sukron

 Tempat sekolah Lia berada ditengah kota,
Setiap pagi jalan selalu ramai kendaraan bermotor.
Pak polisi selalu membantu kami menyeberang jalan.
Lia dan teman-temannya menyeberang melalui zebracross.
Sebelum menyeberang Lia dan teman-temannya selalu menoleh kekanan dan kekiri.


Ilustrasi Oleh Sukron

Lia sampai di sekolahan
Lia memang anak rajin
 Lia tidak pernah terlambat
Teman-teman Lia menyukainya


Ilustrasi Oleh Sukron

Bu Ika memeriksa pekerjaan rumah siswa.
Bu Ika Senang, semua siswa rajin belajar.

Ilustrator : Sukron
Cerita : Galuh

DILARANG KERAS MENGCOPY GAMBAR TANPA IZIN TERTULIS DARI KARIKATUR KU INDONESIA

Kartun Untuk Media Pembelajaran

Kerumah Nenek
Hari minggu Lia mengajak ayah berkunjung kerumah neneknya, 
Rumah nenek berada di karanganya, 
namanya nenek Slamet.

Lia dan keluarganya berangkat jam delapan pagi.
Mereka berangkat naik bis.
Lia senang naik bis.


Pukul sepuluh siang mereka sampai dirumah nenek.
Nenek merasa senang dikunjungi.
Semua saling bersalaman.

Ketika sore mereka berkumpul bersama.
Lia kangen sekali kepada neneknya.
Lia dan keluarganya menginap semalam dirumah nenek.
Pagi harinya, mereka berkunjung ke tawangmangu.


Proses pembuatan ilustrasi cerita bergambar dikerjakan secara manual. Setelah proses pembuatan ilustrasi selesai, tahap selanjutnya memberi cerita pada gambar ilustrasi. Supaya tulisan tertata dengan rapi dan mudah dibaca, gambar ilustrasi di eksport kedalam corel draw kemudian kita mulai menulis cerita sesuai gambar.

Ilustrator : Sukron
Ide Cerita : Galuh

Dilarang mengcopy gambar tanpa izin tertulis dari pihak karikatur ku Indonesia

Saturday, April 9, 2011

Lukisan Repro

Repro  " Pallas and the centaur "
Pelukis Asli : Sandro Botticelli   Judul : Pallas and the centaur


Gambar lukisan diatas merupakan tugas repro pada mata kuliah seni lukis, repro merupakan akronim dari reproduksi (bahasa Latin: re=berulang, produksi =hasil). Repro karya lukis bisa berarti hasil karya yang sudah ada namun dibuat lagi dengan gaya dan corak warna yang sama, dengan media yang berbeda. Pada saat itu saya melukis ulang karya pelukis  Sandro Botticelli yang berasal dari tahun 1482. 


Lukis Wajah Hitam Putih

Potret Teman
Karya Sukron

Awal mula berlatih dan sangat optimis bisa menggambar, bakat itu hanya 0,01%, sisanya adalah latihan. Kalau bakat hanya 0,01% berarti secara nyata orang yang tidak bisa menggambar atau tidak berbakat juga bisa menjadi pelukis profesional. Ayo teman-teman yang belum bisa menggambar jangan pesimis, terus berusaha kalian pasti bisa. Saya sendiri merasa tidak punya bakat, ketika saya masih duduk dikelas tiga sekolah dasar saya belum bisa menggambar bentuk apapun. Setelah dikelas empat sekolah dasar saya mulai tertarik menggambar dan dikelas lima saya mulai memperoleh orderan gratis dari teman-teman dan waktu itu bayarannya selembar kertas gambar atau seikhlasnya.

Diawali dari sebuah gambar pemandangan alam berupa dua buah gunung ditengah-tengahnya terdapat sebuah jalan lurus membentang hingga puncak gunung dan diatasnya terdapat matahari yang bersinar terang. itulah pertama kali guru saya mengajari cara membuat pemandangan alam, lama-lama saya fariasikan bentuk jalan dari jalan lurus menjadi berliku, memberi gambaran persawahan dengan bentuk huruf "V" secara teratur yang memvisualisasikan sebagai tanaman padi. Hingga muncul keinginan saya untuk menggambar bentuk lain seperti tokoh kartun idola dan super hero, pada akhirnya saya tekuni dan sampai sekarang. Walaupun karya masih dipandang sendiri dan belum begitu mengagumkan, tapi setidaknya saya bisa mengimajinasikan apa yang saya inginkan dalam bentuk gambar. 

Ayo semangat terus teman.....


Friday, April 8, 2011

Lukis Karikatur Blambangan, Bawang, Banjarnegara

Bu Krispaliana dan Putrinya
Oleh Sukron

Bersepeda, itulah konsep utamanya, karikatur ini merupakan karikatur terbaru yang saya selesaikan dan baru saya selesai pagi ini, saya membutuhkan waktu satu hari untuk menyelesaikannya, karikatur ini dibuat menggunakan media pensil warna, spidol dengan media kertas gambar berukuran 30X40 cm. Gambar karikatur diatas merupakan sosok seorang guru teladan yang sangat aktif diberbagai kegiatan di sekolah. Beliau adalah guru saya yang mengajar mata pelajaran sejarah sewaktu saya masih duduk di bangku SMA. Beliau aktif mengajar dan juga salah satu pengurus panti.

Pada gambar diatas terlihat seorang yang sedang bersepeda berbonceng dengan seorang anak perempuan, anak perempuan itu adalah putrinya. Pada bagian latar belakang terdapat seekor sapi yang sedang tersenyum, gambar sapi tersebut sebenarnya adalah patung yang terdapat di samping kanan gapura masuk desa Blambangan. Desa Blambangan merupakan salah satu desa di wilayah Kecamatan Bawang - Kabupaten Banjarnegara. Desa Blambangan masih sangat asri dengan pemandangan sawahnya yang cukup luas. Tidak kurang dari setengah kilometer dari gapura terdapat panti asuhan Aisyiyah Blambangan yang terletak disebelah kiri jalan. Beliau tinggal disana sebagai salah satu pengurusnya. Terimakasih Bunda......

Tuesday, April 5, 2011

Karikatur Jawa Tengah

Karikatur
Oleh Sukron

Karikatur terbaru bertemakan kebiasaan, kata biasa itu bisa bermacam-macam kata sambungnya, contohnya biasa online, biasa ngelamun, biasa jajan, biasa ngemil, biasa tidur, biasa kerja keras, biasa pacaran, biasa ngomel, atau biasa-biasa ajah. Karikatur diatas menggambarkan seorang lelaki yang berstatus mahasiswa. Lelaki tersebut mengenakan blangkon khas Yogyakarta, karena cintanya akan kota Yogya. Gambar diatas terlihat lelaki tersebut sedang berada didepan sebuah komputer sambil memegang mouse. Apa yang sedang dilakukan?? Sebagai seorang mahasiswa dia sedang melakukan entri data di SIAKAD. Entri data di SIAKAD dilakukan setiap semester untuk mengisi mata kuliah yang ditawarkan, kita juga diperbolehkan untuk menambah mata kuliah disemester selanjutnya. Maksimal mata kuliah yang boleh diambil berjumlah 24 sks.

Disisi lain terlihat objek menyerupai kucing sedang tiduran. Objek tersebut merupakan kucing peliharaan lelaki itu, kucing tersebut terlihat sedang bersantai sambil menunggu juragannya. Tidak masalah anda menginginkan konsep karikatur yang seperti apa kami, berusaha mewujudkan keinginan anda semampu kami dalam bentuk karya seni luki karikatur. Jika ada berniat membuatnya anda bisa menghubungi kami melalui blog ini, tulis keinginan anda di pesan komentar. Jika ingin tahu keterangan harga dan ukuranya, anda bisa bertanya langsung kepada kami. Terimakasih

Friday, April 1, 2011

Karikatur Berpasangan Dengan Bunga Ditangan

Karikatur Bersepeda
Oleh Sukron

Pantai terdiri dari hamparan air yang luas yang memisahkan daratan dan lautan. Banyak orang memilih pantai sebagai tempat berlibur yang menyenangkan, disana ada air, bermain air dan pasir, dan melakukan aktifitas olah raga sambil mendengar dan merasakan deburan ombak yang membawa ketenangan. Tujuan orang pergi ke pantai untuk melepas lelah dan menghilangkan beban pekerjaan yang sering menghinggapinya. Coba kita rasakan betapa damainya suara deburan ombak yang memecahkan masalah dihati dan pikiran kita, membawa kita berada dalam pelukkan alam.

Menikmati luasnya pantai bisa dilakukan dengan bersepeda, jalan, ataupun jasa naik kuda dan delman. Kembali sehat jika kita membiasakan berolahraga dan bersepeda, seperti karikatur yang satu ini, temanya bersepeda santai berdua. Walaupun kita hanya bisa melihat gambarnya saja, itu pun membantu kesehatan mata, mata kita akan terbiasa bergerak menikmati karya karikatur ini. Karikatur diatas merupakan karikatur pesanan dari teman yang ia pesan melalui jejaring sosial, mau tahu bagaimana ia melakukannya? caranya mudah, anda tinggal masuk ke facebook, kemudian search Sukron zaky zaky, kemudian tulis pesan didinding facebook saya.

Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung di blog ini.

Karikatur Pernikahan Di Istanah

Karikatur Dengan Gaun Putih
Oleh Sukron

Karikatur bertemakan pernikahan dengan konsep mewah ini saya mengambil latar di sebuah istana dengan hadirnya peri-peri kecil yang cantik turut merayakan kegembiraan kedua kekasih. Terdapat pula dua pasangan kelinci yang menghadiri pesta mereka. Ceritanya begini, sang mempelai pria memberikan sebuah cincin kepada mempelai wanita, kedua mempelai mengunakan gaun serba putih yang mewah. Mereka melangsungkan upacara tukar cincin di depan gedung putih dengan disaksikan para peri. Untuk kostum mereka memilih putih, alasan pilihan kostum yang mereka kenakan berwarna putih ialah karena warna putih merupakan lambang kesucian, dimana kedua mempelai saling mengucapkan janji suci untuk mengarungi kehidupan baru yaitu kehidupan berumah tangga. Apabila anda tertarik membuat karikatur dengan tema sesuai keinginan anda? caranya mudah, silahkan hubungi saya di facebook, silahkan anda cari di bagian search masukan nama Sukron zaky zaky.

Visualisasi karikatur diatas menggunakan pensil warna dengan perpaduan spidol, dikerjakan diatas media kertas berukuran 30x40 cm dengan tahap akhir penyelesaian menggunakan clear. Terimakasih sudah menyempatkan waktu anda untuk berkunjung di blog ini.