Rabu, 25 Mei 2011

Membuat Media Komik Pembelajaran

Komik di bawah ini merupakan media untuk pembelajaran Bahasa Jawa, bagaimana cara membuatnya?
Langkah-langkah membuat Komik sebagai media pembelajaran:

1. Membuat Sketsa Tipis : Untuk membuat sketsa bisa kita lakukan dengan pensil HB atau pensil warna, pada contoh gambar yang Saya tampilkan, Saya menggunakan warna ungu muda untuk membuatnya.

Komik 1

Komik 2

2. Mempertebal sketsa menggunakan spidol: Apabila kita sudah yakin dengan sketsa yang kita buat langkah selanjutnya adalah mempertebal sketsa, bisa juga dalam tahap ini kita lanjutkan dengan memberi warna.

 Komik 1

 Komik 2

3. Mewarnai Objek Utama Gambar: Dalam hal ini yang menjadi objek utama adalah ketiga tokoh Punakawan, Petruk, Bagong dan Semar. Tujuan utama mewarnai objek supaya objek tidak dikalahkan oleh background, karena yang akan kita tonjolkan adalah ketiga Tokoh punakawan ini.

 4. Mewarnai Background: Apabila objek yang kita warnai sudah OK, tahap selanjutnya adalah mewarnai background sesuai dengan sifat dan watak tokoh dalam cerita dan yang terakhir kita tinggal memasukkan teks kedalamnya menggunakan Photoshop atau CorelDRAW.

 Komik 1

 Komik 2
 Misalnya Ketika Petruk sedang marah = Background bewarna merah. Tokoh Semar dengan background kuning = Melambangkan jika Semar datang memberi pencerahan kepada Petruk dan Bagong yang sedang berantem. Semar dengan background Merah muda = Melambangkan sifat lemah lembut dan orang yang bijaksana.
Selamat Berkreasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

TIDAK DIIZINKAN MENDOWNLOAD GAMBAR KARIKATUR DIBLOG KAMI, APALAGI UNTUK KEPENTINGAN PROMOSI

Cari Blog Ini

Memuat...