Monday, May 2, 2011

Media Pembelajaran

17 Agustus 1945 atau yang lebih sering disebut Agustusan merupakan hari kemerdekan Indonesia ketika itu tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 Kota Hiroshima dan Nagasaki dijatuhi bom atom yang menyebabkan Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Kesempatan emas ini akhirnya dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 bertempat di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Ir. Soekarno dengan didampingi Drs. Mohammad Hatta. 

Dibawah ini merupakan kartun berupa media pembelajaran, bagaimana kita sebagai pemuda dalam menyikapi hari kemerdekaan diantaranya :

Menyembut Kemerdekaan
Oleh Sukron

Kerja bakti di lingkungan sekolah dalam rangka menyambut datanganya hari kemerdekaan, dengan diadakannya kerja bakti, diharapkan  sikap tolong-menolong dan kebersamaan antar siswa dapat terjalin dengan baik, baik dilingkungan sekolah ataupun dilingkungan masyarakat.


 Upacara Bendera
Oleh Sukron

Hari kemerdekaan telah tiba, untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan, para siswa mengikuti upacara dengan kidmat.

Permainan Tradisional Grapyak
Oleh Sukron

Hari-hari kemerdekaan pun diisi dengan kegiatan positif seperti, lomba permainan tradisional warisan nenek moyang, supaya tidak hilang dari ingatan kita. Setiap daerah memiliki cara yang unik dalam mengisi hari kemerdekaan, biasanya lomba-lomba yang diadakan bermacam-macam, dari lomba yang umum kita lihat sampai lomba lucu yang membuat orang tertawa melihatnya. Kegiatan-kegiatan lomba yang kreatif, lucu dan menarik membuat warga menjadi antusias untuk melihatnya, merekapun berkumpul, tertawa bersama dan terciptalah suasana yang harmonis, rasa kebersamaan, dan kekeluargaan yang jarang kita lihat kecuali di hari kemerdekaan.

Visualisasi gambar diatas menggunakan penghapus, pensil, pensil warna dan spidol. Pensil digunakan untuk membuat sketsa gambar, setelah gambar sketsa selesai. Tahap selanjutnya mempertebal garis gambar menggunakan spidol, setelah semua sketsa dipertebal tahap berikutnya proses pewarnaan. Tahap pertama pewarnaan menggunakan pensil warna secara menyeluruh tahap akhir spidol warna digunakan untuk mempertajam warna pada objek gambar sehingga objek pun terlihat lebih menonjol.

Apabila anda menginginkan ilutrasi kartun media pembelajaran seperti diatas, anda bisa menghubungi kami pada nomor kami yang berada dimenu Cara Pemesanan diatas blok ini. Terimakasih banyak....

1 comment:

  1. trimakasih, sangat bermanfaat ....

    ReplyDelete