Sunday, February 27, 2011

SENI 2D DAN 3D

 Gambar 2D
Tokoh kartun

Seni dua dimensi yang saya buat sama dengan cara saya minggu lalu, yaitu berupa sketsa menggunakan pena, kali ini saya mencoba menghadirkan karakter kartun yang saya lukis kembali sesuai kehendak saya dan saya selesaikan dengan cara diarsir.




Gambar 3D
Repro Iblis Boo
 
Karya seni 3D yang saya buat berbeda dari biasanya, seperti yang kita sudah tahu di zaman Renaissance, yaitu periode sejarah yang mencapai puncaknya sekitar tahun 1500. Kata "renaissance" berasal dari bahasa Perancis berarti "Born Again" atau "Kelahiran Kembali".

Karya seni disini, terutama patung dibuat dengan batu atau batu marmer dan sekarang dikembangkan dengan menggunakan plester atau porselin. Berbeda dari materi yang saya gunakan pada pembuatan patung pada umumnya, bahan yang saya gunakan tergolong unik, yaitu menggunakan bahan makanan  berupa singkong atau ketela pohon. Singkong yang digunakan merupakan singkong yang sudah diproses menjadi tepung. Jelas materi yang saya gunakan tidak hanya singkong, tetapi ada juga bahan pendukung lain yaitu, lem PVC (kayu), pewarna, dan pengawet makanan ... dan kemudian dicampur bersama-sama dan dibentuk menjadi patung ekspresi anda. 

Untuk proses pengeringan, alangkah baiknya dikeringkan diruang tertutup dan diangin anginkan saja, jangan sampai terkena sinar matahari agar hasilnya lebih maksimal. Pada tahap akhir, patung mini yang sudah kering benar, bisa langsung disemprot menggunakan clear.

Selamat berkreasi. Terima kasih

No comments:

Post a Comment