Jumat, 28 Januari 2011

LOGO, LAMBANG dan SIMBOL

LOGO , LAMBANG DAN SIMBOL

          Sejak zaman dahulu, manusia telah menggunakan simbol, tanda , gambar dan logo dalam semua kebudayaan dan peradaban, sebagai usaha berkomunikasi serta menggambarkan maksud dan cara hidupnya. Manusia memahami bahwa segala sesuatu memiliki arti penting yang dapat digambarkan melalui lambang dan bentuk luarnya. Sehingga dapat menggunakan lambang-lambang untuk menghubungkan fenomena kebudayaan yang berarti dalam masyarakatnya dan untuk mengekpresikan ideologi serta asprirasi pribadinya.

LAMBANG

·        MESIR
Orang-orang Mesir menciptakan beribu macam simbol dengan huruf timbulnya, mereka memanfaatkan bentuk teraratai, papirus, cakram matahari, burung nasar, dan mereka sering menempatkan motif-motif tersebut pada candi-candi dan makam kerajaan.
sebagai contoh : Teratai dan papirus merupakan lambang “ makanan dan pikiran “. Pada batu nisan Ukhhotep I, pola persegi empat yang saling tumpang tindih, quatrefoils  ( empat mahkota bunga ) dan titik dibuat seakan-akan merupakan  logo dari batu nisan tersebut, demikian pula pada batu nisan Ratu Nefertiti di Thebes




SIMBOL

·        CINA
Masyarakat Cina  telah menggunakan simbol dan tanda-tanda sudah berabad-abad lamanya, Logo dan merek dagang mereka didasarkan pada pola tumbuhan, bentuk geometris, binatang dan simbol-simbol agama.
Sebagai contoh sistem bilangan kuno Delapan Tigram yang dipersembahkan kepada Kaisar Cina pertama yang legendaris Fuxi
( 2852 SM ), merupakan beberapa simbol kuno yang digunakan oleh para peramal.  Simbol-simbol tersebut namanya Hetu dan berupa susunan titik-titik.

·        LOGO
Logo adalah simbol  yang digunakan untuk menyampaikan pentingnya citra usaha suatu perusahan swasta maupun perusahaan umum. Logo juga dapat menunjukan kegiatan dan fungsi perusahaan yang diwakilinya. Karena itu , Logo harus didesain unik untuk menunjukan kejelasan, keseimbangan, kelayakan, keindahan, dan kesederhanaan.
Kesederhanaan dan kejelasan sangat penting karena bagi orang awam yang melihatnya tidak boleh dibingungkan  oleh desain logo tersebut.
Keseimbangan adalah sangat penting karena hanya gambar yang benar-benar proporsional dan seimbang yang akan menyenangkan untuk dilihat.
Daya penglihatan adalah merupakan proses  saling mempengaruhi  yang rumit, yang dipengaruhi penilaian. Kesesuaian sangat penting karena logo menunjukan fungsi perusahan.

Untuk mencapai hal-hal tersebut diatas, berikut ini rambu-rambunya :
1.   Harus sesuai dengan kebudayaan
2.   Logo harus menyandang citra yang diinginkan dan menunjukan keadaan sebenarnya atau kegiatan perusahaan.
3.   Harus merupakan alat komunikasi visual.
4.   Harus seimbang  baik warna maupun hitam putih.
5.   Harus menggambarkan suatu irama atau proporsi
6.   Harus artistik, elegan, sederhana namun memiliki penekanan atau titik fokus.
7.   Desainnya harus harmonis.
8.   Harus menggabungkan tulisan / huuf yang tepat sehingga dapat menyampaikan      pesan yang dimaksud secara logis dan jelas.

KESEIMBANGAN

Keseimbangan atau balanching tidak harus sama sisi sebelah kanan dan kirinya /  simetris , demikian pula pada logo keseimbangan  tercapai apabila setiap bagian desain saling melengkapi agar tetap dalam keadaan seimbang (komposisi seimbang )


Sumber : R. Kuncoro Wulan Dewojati, M. Sn.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

TIDAK DIIZINKAN MENDOWNLOAD GAMBAR KARIKATUR DIBLOG KAMI, APALAGI UNTUK KEPENTINGAN PROMOSI

Cari Blog Ini

Memuat...